Minggu, April 18, 2010

Pantau perkembangan Blog Anda dengan Google Analytics

Untuk melihat statistik/ perkembangan website/ blog ini saya banyak menggunakan tool yang ada di internet. Saya menggunakan Sitemeter kemudian SeoMonitor, tapi belakangan saya menemukan tool yang canggih dah hebat yaitu (GA) Google Analytics (telat nih nemunya) kekkekeke.
Tapi tidak ada kata terlambat untuk mencoba tull nggak.

Sekarang yang menjadi pertanyaan apa sih untungnya dengan kita mendaftar Google Analytics ??
Bagi saya sangat bermanfaat, karena dengan tool GA tersebut kita bisa memantau berapa banyak orang yang sudah mengakses web/ blog kita, darimana saja orang yang berkunjung dan artikel apa saja yang paling banyak di baca oleh pengunjung web kita tersebut. Di GA juga kita bisa mengetahui pengunjung mengetahui web/ blog kita dari search engine atau dari link web orang lain atau dari lainya.
Selain itu GA juga bermanfaat untuk mengetaui kalau pengujung web/ blog kita sedang menurun traficknya kita bisa mengakalinya dengan lebih giat memposting artikel yang lebih menarik agar pengunjung bisa datang lagi atau dengan melakukan Blogwalking ke blog teman-teman lainnya.
Ok. sekarang mari kita bahas lebih rinci
Jika anda ingin register bisa di http://www.google.com/analytics/sign_up.html
Saya register di GA sejak tanggal 23 Oktober 2008 (baru 8 hari euy) hehhehe
8 hari terakhir web ini 662 kali, halaman yang dibaca sebanyak 1.117

Kita juga dapat mengetahui dari mana saja orang tahu web/blog ini, dari gambar dibawah kita ketahui pengunjung web ini dari Search engine Google sebanyak 80,82 %, pengunjung yang datang dari link web  sebesar 10,12 %, dan pengunjung yang memang sudah tahu dengan web ini sebesar 9,06 %.

Nah dari sini kita bisa dapat manfaat, yaitu mulai sekarang saya harus banyak-banyak Tukaran link dan melakukan Blogwalking karena pengunjung web ini hanya 10,12 % dari backlink blogger.
Kemudian artikel yang paling banyak dibaca oleh pengunjung web ini adalah Hasil perhitungan Pilkada Kaltim (dapat imbas juga ternyata dari pemilihan Gubernur kemarin) hahahaha. Kemudian artikel lainya yang sering dibaca Beberapa aplikasi untuk Ubuntu, Browsing internet 10x lebih cepat, perintah dasar linux. 4 Berita tersebut yang teratas, sebenarnya berita lain ada juga ratenya tapi nggak usah saya bahas disini.

Kita juga bisa melihat pengunjung dari mana saja mereka, saya ambil sample 10 kota teratas di Indonesia, yang dari Luar Negeri nggak usah ya :)

Ok, Selamat Mencoba yah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

sahabat-sahabatku

Spirit

Kebesaran dan kehebatan seorang manusia bukanlah karena dia tidak pernah gagal, tapi karena tidak pernah berhenti dan selalu bangkit setiap mengalami kegagalan

Semua orang yang sukses harus mengalami minimal 1-2 kegagalan terlebih dahulu 

Ingat, setiap kegagalan, bagaimanapun buruknya hal itu tergantung dari sudut mana anda melihatnya dan menyikapinya

novyar nafis on Facebook