Kamis, Februari 03, 2011

Mobil Terbaik di Indonesia versi Otomotif Award 2010

JAKARTA (dp) — Tabloid Otomotif kembali mengumumkan mobil terbaik di Indonesia setelah melakukan penilaian maraton selama setahun. Bertajuk Otomotif Award 2010, predikat mobil terbaik tahun ini (Car of the Year, CotY) jatuh pada Honda Freed.

Freed berhasil mengalahkan empat pesaing terdekat, yaitu New Audi A4, New Chevrolet Cruze, serta Volkswagen GTi.

Menurut Billy, jurnalis tabloid Otomotif yang termasuk dalam dewan juri, kemenangan Freed ditentukan poin tertinggi dalam beberapa faktor penilaian, termasuk nilai kebaruan serta sifat produksinya yang massif.
“Sebetulnya, keempat finalis Car of the Year tahun ini memiliki selisih nilai yang tipis pada setiap faktor penilaian. Keunggulan Freed yang menyolok justru diperoleh dari faktor kebaruan serta sifat penjualannya yang lebih masal,” kata Billy.
“Kami paham bahwa Audi A4, Cruze, dan Golf GTi juga sangat bagus. Kualitas dan nilai mobil-mobil itu sudah diakui dunia, dan kami tidak meragukan. Namun juri Otomotif telah memilih Freed. Kami mempertimbangkan kondisi konsumen di Indonesia yang sebagian besar masih membutuhkan mobil seperti Freed,” jelas Billy.
Selain memberikan predikat CotY, media yang telah berusia 20 tahun ini juga membuat 20 penghargaan lain, serta tujuh penghargaan khusus.
Selain menerima penghargaan bergengsi Otomotif Award 2010, Honda juga tercatat meraih tiga penghargaan lain melalui Jazz dan CR-V.
Sementara rival terdekat Honda, Toyota, mendominasi penghargaan dengan menyabet delapan piala, yaitu Best Mini MPV untuk Avanza, Best Small Sedan untuk Vios, Best Mid-MPV & Diesel untuk Innova, Best Full Size Sedan untuk Camry, Best Budget Double Cab untuk Hilux, serta Eco Friendly Car untuk Prius.

OTOMOTIF AWARD 2010
Car Of The Year: Honda Freed
Best Small Sedan: Toyota New Vios
Best Mid Sedan (1.8 dan 2.0):
Chevrolet Cruze
Best Mid Sedan Premium: Audi A4
Best Full Sedan: Toyota Camry
Best Low Hatchback: Honda Jazz
Best Mid Hatchback: Ford Focus
Best Medium Hatchback: VW Golf GTi
Best Mini MPV: Toyota Avanza
Best Mid MPV: Toyota Kijang Innova
Best Large MPV: Mitsubishi Grandis
Best Low Van: Daihatsu Luxio
Best Van: Honda Freed
Best Minibus: Daihatsu Gran Max
Best Transporter: Hyundai H1
Best Low SUV: Suzuki SX4
Best Mid SUV Gasoline: Honda All New CRV
Best Mid SUV Diesel: Chevrolet Captiva
Best City Car: Suzuki Splash
Best MPV Diesel: Toyota Kijang Innova
Best Double Cab: Mitsubishi Strada Triton
Best Hatchback Diesel: Ford Focus TDCi
SPESIAL AWARD
Rookie Of The Year: Mitsubishi Pajero Sport
Best Budget Mid SUV: Suzuki Grand Vitara
Best Budget Double Cab: Toyota Hi-Lux
Best Budget Low Hatchback: Mazda2
Active CBU Importer: Blinkz-Blinkz
Eco Friendly Car: New Toyota Prius
Customer Satisfaction Fuel: Shell
Best Innovation & Aftersales Satisfaction Service: PT. Honda Prospect Motor (HPM)
Best Body Repair & Repaint Service: Auto 2000
© 2010, Majalah Otomotif Online by. Dapurpacu.com. All rights reserved.[dp]

Dari Setialesmana Blog

Foto018
Mengusung tagline “It’s A New Life, Let’s Freed”, Honda Freed resmi diluncurkan pada Senin (29/6) di Ritz Carlton Pacific Place, Jakarta. Membidik segmen multi purpose vehicle (MPV), Honda Freed sesungguhnya mengusung segmen baru yang berbeda dari jenis MPV yang sebelumnya meramaikan pasar Indonesia.
Bermesin 1.500cc namun mengusung kemewahan eksterior dan interior setara Toyota Alphard membuat penulis sulit mencari kompetitor langsung dari mobil yang memadukan fungsionalitas sebuah kendaraan berkapasitas tujuh penumpang itu. Dari kapasitas mesin, Honda Freed sekelas dengan Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, serta Nissan Livina. Bahkan dengan Honda Jazz dan Toyota Yaris. Namun dari sisi harga yang berkisar antara Rp 245 juta hingga Rp 258 juta, Honda Freed bersaing Kijang Innova ataupun Mitsubishi Grandis.
Fotofreed10Seperti dikemukakan Direktur Pemasaran dan layanan purna jual HPM, Jonfis Fandy, kekuatan Brand Honda akan memungkinkan Honda Freed mampu menyedot minat konsumen dari tiga arah. Mereka yang mungkin tersedot oleh tarikan arus Honda Freed adalah konsumen dari segmen MPV low yang dihuni Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, dan Nissan Livina. Segaris dengan segmen pasar ini, Honda Freed juga berpotensi membetot minat pasar Honda Jazz ataupun Yaris, khususnya generasi awal yang strata sosialnya sudah “naik kelas”.
Fotofreed1Namun dari sisi harga dan kemewahannya, sangat mungkin Honda Freed merebut pasar yang dihuni oleh MPV medium seperti Kijang Innova, Mitsubishi Grandis, maupun Daihatsu Luxio. Sedangkan segmen ketiga adalah segmen baru yang tercipta seiring hingar bingarnya publikasi Honda Freed selama ini. Pada akhirnya, strategi di lapangan sangat menentukan apakah Honda Freed mampu memenangkan pertarungan tersebut. Deretan konsumen sebanyak 2.668 calon pembeli di hari peluncurannya membuktikan tingginya animo masyarakat terhadap MPV bertenaga 118 PS dengan torsi maksimal 146 Nm / 4800 rpm itu.
Keyakinan PT Honda Prospek Motor (HPM) sebagai agen tunggal pemegang merek (ATPM) bahwa Honda Freed akan mengikuti kejayaan Honda Jazz di pasar Indonesia sangat beralasan. Catatan prestasi Honda Freed antara lain sebagai pemegang gelar “Best Value” pada ajang Japan Car of the Year 2008-2009 menjadi bekal sangat memadai untuk bertarung di pasar paling ketat di Indonesia itu.
Di negeri asalnya sendiri, Honda Freed tercatat sebagai Minivan dengan penjualan tertinggi, dengan total penjualan 76.395 unit dari periode Mei 2008-Mei 2009. Indonesia sendiri dipilih menjadi negara pertama di dunia, di luar Jepang, yang menjadi lokasi peluncuran model ini ke pasaran. Bukan hanya itu, Indonesia juga dijadikan basis produksi Honda Freed untuk pasar di luar Jepang terutama pasar Asia Tenggara dan Timur Tengah. Tak heran, saat diluncurkan Honda Freed pun sudah mengandung 45% kandungan lokal.
honda-freed-seats
Lega dan Nyaman
Dari sisi eksterior, Honda Freed mengusung konsep triangle square, dimana bentuk depan yang segitiga dipadu dengan bagian kabin berbentuk kotak menghasilkan desain yang dinamis dan kelapangan kabin. Eksterior Honda Freed disempurnakan dengan balutan curving art surface yang memberikan lekukan-lekukan bergaya mewah pada bodi Honda Freed.
Akses keluar masuk kabin Honda Freed dibuat lebih mudah dengan hadirnya power sliding door dengan bukaan yang lebih lebar dan lantai kabin yang lebih rendah.
Kabin Honda Freed berkonsep King & Queen Seat menghadirkan komposisi bangku yang memudahkan komunikasi dan perpindahan penumpang di seluruh baris dalam kabin, atau yang disebut sebagai walk through cabin.
Tak hanya unik, kabin Honda Freed juga dirancang untuk menghasilkan kenyamanan, utilitas, serta tingkat kelapangan tinggi. Dengan konsep open cafe antara lain tercipta desain dashboard bertingkat (double layered) memberi kesan luas namun praktis. Untuk menambah kenyamanan, Honda Freed pun dilengkapi dengan sistem audio yang dilengkapi USB port dan Ipod Connector.
Untuk fitur keselamatan, Honda menerapkan teknologi G-CON+ACE, Dual SRS Airbags, pretensioner seat belt, dan pedestrian protection body pada Honda Freed. Tak heran, Honda Freed pun mampu meraih peringkat tertinggi dengan enam bintang dari Japan New Car Assessment Program (JNCAP). Untuk kemudahan mengemudi, Honda Freed dilengkapi transmisi otomatis lima tingkat kecepatan.
Selain bertenaga dan efisien dalam konsumsi bahan bakar, Honda Freed juga mencapai tingkat emisi gas buang yang telah memenuhi standar Euro-4. Konsep ramah lingkungan semakin kental karena Honda Freed diproduksi dengan menggunakan komponen yang dapat didaur ulang dan mengurangi elemen yang berbahaya bagi lingkungan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

sahabat-sahabatku

Spirit

Kebesaran dan kehebatan seorang manusia bukanlah karena dia tidak pernah gagal, tapi karena tidak pernah berhenti dan selalu bangkit setiap mengalami kegagalan

Semua orang yang sukses harus mengalami minimal 1-2 kegagalan terlebih dahulu 

Ingat, setiap kegagalan, bagaimanapun buruknya hal itu tergantung dari sudut mana anda melihatnya dan menyikapinya

novyar nafis on Facebook