Kamis, September 08, 2011

INTERNET

Bisa di maklumi jika sampai saat ini banyak orang yang masih belum juga mengerti apa sebenarnya makna dari istilah internet. Sesungguhnya memang tidak ada jawaban yang benar-benar tepat. Gambaran tentang internet yang kini banyak di gunakanadalah sejumlah besar (jutaan) computer di seluruh dunia yang terhubung saty sama lain dan membentuk suatu jaringan raksasa. Gambaran lain yang sebenarnya lebih tepat adalah sejumlah besar computer yang tehubung satu sama lain dan “berbicara” dengan bahasa jaringan yang sama yaitu TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol).

Sejarah Internet di awali dengan munculnya DARPAnet, yang digunakan untuk keperluan pertahanan militer AS pada akhir 1960-an. Selanjutnya muncullah layanan lainseperti e-mail, file transfer protocol (ftp), Gopher, dan tenru saja tak ketinggalan World Wide Web.Internet tidak dimiliki oleh siapapun baik perorangan, pemerintah, ataupun dunia usaha.
Internet adalah jaringan terbuka yang akan menerima siapapun yang akan membuat koneksi dengannya. Lalu siapa yang mengontrol Internet? Meskipun tidak ada komite para pakar atau lembaga pemerintah yang mengendali Internet, ada beberapa organisasi yang memandu Internet. Organisasi ini adalah Internet Society (ISOC), Internet Engineering Task Force (IETF), Serta Internet Architecture Board (IAB),
Ketiganya bertugas mengarahkan, merancang, dan menyetujui perubahan di Internet, jadi secara global. (Septanto, 1998, hal 1).

Internet atau interconeccted network dapat di artikan, yaitu sebuah system komunikasi global yang menghubungkan komputer-komputer dan jaringan-jaringan di seluruh dunia. Jaringan computer ini terletak di mana saja di seluruh penjuru dunia ini, karena jaringan –jaringan di seluruh dunia ini saling terhubung maka setiap orang yang dapat mengakses internet sudah pasti dapat mengakses informasi dari seluruh dunia yang tergabung dalam internet.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

sahabat-sahabatku

Spirit

Kebesaran dan kehebatan seorang manusia bukanlah karena dia tidak pernah gagal, tapi karena tidak pernah berhenti dan selalu bangkit setiap mengalami kegagalan

Semua orang yang sukses harus mengalami minimal 1-2 kegagalan terlebih dahulu 

Ingat, setiap kegagalan, bagaimanapun buruknya hal itu tergantung dari sudut mana anda melihatnya dan menyikapinya

novyar nafis on Facebook