Rabu, April 14, 2010

Belajar Membuat Web dengan Blog

Diposting oleh anis


July 9, 2008
Web merupakan salah satu layanan paling populer yang disediakan internet. Web yang merupakan sebutan lain untuk www (World Wide Web), pada awalnya merupakan ruang informasi di internet yang menggunakan teknologi hiperteks, pemakai dituntun untuk menemukan informasi dengan mengikuti link-link yang disediakan dalam dokumen sebuah web.
Kini internet identik dengan web karena kepopulerannya sebagai interface standar pada layanan-layanan yang ada di internet; dari awalnya sebagai penyedia informasi, kini digunakan juga untuk komunikasi dari email, chatting, hingga melakukan sebuah transaksi bisnis. Melalui web, komunikasi antar pengguna komputer lainnya bisa dilakukan lebih mudah.Bagi Anda yang masih dalam tahap belajar (seperti halnya saya), membuat web bisa menjadi pekerjaan yang sangat melelahkan dan menyeramkan, terutama ketika dihadapkan dengan kode-kode pemrograman seperti PHP, ASP, dan JSP. Tapi tidak perlu berkecil hati! Semua hal jika dilakukan dengan sungguh-sungguh pasti akan mudah dipelajari.
Membuat web memang gampang-gampang susah. Gampang kalau web yang kita buat hanya terdiri dari 1 atau 2 halaman html saja. Susah kalau web yang akan dibuat terdiri dari puluhan bahkan ratusan halaman yang menggunakan program-program scripting seperti PHP, ASP dan JSP.
Sebagai langkah awal dalam latihan membuat web, blog bisa menjadi pilihan tepat. Dengan blog, kita tidak akan dipusingkan dengan kode-kode pemrograman yang njelimet tersebut. Kita hanya perlu mengisi bagian-bagian tertentu dengan konten yang kita inginkan.
Seperti halnya web, blog adalah layanan lain yang didapatkan di internet. Namun berbeda dengan web, blog lebih merupakan jurnal atau catatan harian yang biasanya berisi pandangan seseorang atau organisasi yang dipublikasikan di internet (seperti blog yang sedang Anda kunjungi sekarang ini). Ini merupakan tipikal dari blog.
Ciri lain dari blog adalah frekuensi update konten yang cukup tinggi. Kita bisa memposting artikel-artikel terbaru setiap hari, dan artikel-artikel yang “kadaluarsa” akan secara otomatis di arsipkan setiap rentang waktu tertentu, misalnya per hari, per minggu, atau per bulan.
Secara umum tampilan blog lebih didominasi oleh teks, namun bukan berarti tidak ada gambar sama sekali. Sekarang banyak bloger (pengguna/ pemilik blog) memuat banner-banner iklan berupa image grafik di blog mereka sebagai cara alternatif menghasilkan pendapatan dari hasil keringat mereka membuat blog.
Blog biasanya disediakan secara cuma-cuma. Penyedia blog gratis yang paling populer adalah Wordpress dan Blogger. Alamat blog kita biasanya diembel-embeli dengan nama penyedia blog gratis tersebut, misalnya namaanda.wordpress.com atau namaanda.blogspot.com Tapi jika Anda ingin memiliki blog dengan nama domain Anda sendiri, misalnya namaanda.com, tanpa embel-embel “.wordpress” atau “.blogspot”, Anda harus terlebih dahulu membeli nama domain tersebut dengan harga kurang lebih $10 per tahun.
Anda bisa mendapatkan nama domain tersebut langsung dari penyedia blog seperti Wordpress atau Blogger dengan sistem pembayaran yang umumnya menggunakan kredit card, atau (jika Anda tidak memiliki kredit card) bisa melalui situs-situs penyedia blog berbayar di Indonesia dengan harga sekitar Rp 100.000 per tahunnya, atau Anda bisa mendaftar di perusahaan-perusahaan penyedia hosting yang dilengkapi dengan script auto-installer untuk blogging.Selain Wordpress dan Blogger, penyedia blog gratis lainnya adalah: Novoya.com, Start4all.com, Livejournal.com, Blog.com, Thoughts.com, Soulcast.com, Blogsome.com, Bravenet.com, Zoomshare.com. Anda bisa memilih mesin blog mana yang menurut Anda sesuai dengan kebutuhan Anda, dan sekali lagi, Anda bisa menggunakan alamat subdomain yang telah mereka sediakan atau memakai nama domain kesayangan Anda sendiri. Satu hal yang perlu diingat, pastikan bahwa Anda sudah membaca dan memahami terms of use -nya sebelum Anda mendaftar dan menyeriusi blog tersebut, karena setiap penyedia blog memiliki kebijakan dan aturan mereka masing-masing. Misalnya, apakah kita boleh menampilkan iklan di blog kita atau tidak.
Selamat ngeblog! Semoga sukses.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

sahabat-sahabatku

Spirit

Kebesaran dan kehebatan seorang manusia bukanlah karena dia tidak pernah gagal, tapi karena tidak pernah berhenti dan selalu bangkit setiap mengalami kegagalan

Semua orang yang sukses harus mengalami minimal 1-2 kegagalan terlebih dahulu 

Ingat, setiap kegagalan, bagaimanapun buruknya hal itu tergantung dari sudut mana anda melihatnya dan menyikapinya

novyar nafis on Facebook