Rabu, April 14, 2010

Memilih Feature yang sesuai untuk Web

Diposting oleh anis
July 23, 2008
Untuk mempercantik tampilan web, kita biasa menambahkan feature-feature seperti hits counter, kalender, atau polling. Hits counter, misalnya, digunakan untuk menghitung jumlah orang yang telah berkunjung ke web kita, dan polling digunakan untuk membuat semacam survei kecil-kecilan yang berisi sebuah pertanyaan dengan dua atau lebih pilihan jawaban.
Selain ketiga feature di atas, masih terdapat banyak feature lain di internet yang bisa kita tampilkan di web kita. Namun alih-alih mempercantik, penggunaan feature yang berlebihan dan terkesan dipaksakan, akan membuat web kita terlihat kurang profesional serta membuat proses loading lebih lama. Jika hal ini yang terjadi, maka Anda harus berpikir ulang apakah feature-feature tersebut masih layak ditampilkan atau tidak.
Sebelum Anda memutuskan untuk menampilkan sebuah feature, ada baiknya Anda mempetimbangkan beberapa hal berikut:
  1. Gunakanlah feature-feature yang sesuai dengan topik web. Jika web kita di luar topik-topik bisnis dan keuangan, maka feature-feature seperti currency converter (feature untuk mengonversi nilai mata uang) tidak perlu ditampilkan. Anda juga tidak perlu menampilkan feature prakiraan cuaca pada web-web yang mengulas tentang resep-resep masakan.
  2. Gunakahlah feature-feature yang memudahkan proses navigasi atau penelusuran web kita, seperti kotak pencarian. Kotak pencarian ini sama halnya dengan kotak pencarian sebuah search engine. Bedanya, yang dicari atau yang diindeks bukan web secara keseluruhan, tetapi halaman-halaman pada web kita sendiri. Melalui kotak pencarian ini, para pengunjung tinggal memasukan kata kunci untuk langsung menuju halaman-halaman tertentu dari web kita. Untuk membuat kotak pencarian seperti ini, Anda bisa sign up di http://www.freefind.com atau menggunakan software khusus pembuat search engine, misalnya Search Engine Builder . Trial version -nya bisa didownload di www.aleadsoft.com .
  3. Gunakahlah feature yang membuat orang tertarik untuk berkunjung kembali ke situs kita misalnya shoutbox. Shoutbox adalah sejenis kotak chatting, tempat kirim-kiriman pesan singkat secara langsung antar pengunjung suatu web. Pesan yang dikirimkan melalui shoutbox akan langsung ditampilkan saat itu juga, sehingga para pengunjung lainnya bisa langsung menanggapi pesan yang ditampilkan di shoutbox tersebut. Anda bisa mendonwload feature ini di shoutmix.com . Selain shoutbox, Anda juga bisa menampilkan feature comment . Dengan feature ini, para pengunjung dipersilahkan untuk memberikan komentar atau tanggapan terhadap web kita. Feature comment ini sudah terintegrasi pada mesin blog seperti Wordpress atau Blogger. Tetapi jika web Anda tidak menggunakan kedua mesin blog, Anda bisa membuatnya sendiri atau mendownload script gratisnya di http://www.gentlesource.com/comment-script/ .
Kedua feature di atas biasanya membuat pengunjung tertarik kembali mengunjungi web kita untuk melihat apakah ada pengunjung lain yang memberi komentar atau tanggapan terhadap komentar atau pesan yang kita berikan.

 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

sahabat-sahabatku

Spirit

Kebesaran dan kehebatan seorang manusia bukanlah karena dia tidak pernah gagal, tapi karena tidak pernah berhenti dan selalu bangkit setiap mengalami kegagalan

Semua orang yang sukses harus mengalami minimal 1-2 kegagalan terlebih dahulu 

Ingat, setiap kegagalan, bagaimanapun buruknya hal itu tergantung dari sudut mana anda melihatnya dan menyikapinya

novyar nafis on Facebook