Minggu, April 18, 2010

Tips SEO untuk Pemula

Udah lama nggak bahas masalah Tips Trik SEO, kali ini saya ingin mencoba merangkum dan mengulang kembali Tips SEO berdasarkan pengalaman yang telah saya lakukan beberapa hari kemarin.
Sebelumnya mohon maaf dan ijin buat para mbah mbah aka Master SEO di dunia Bloger yang udah jago-jago, kalau ada yang kurang dalam artikel ini tolong di sempurnakan yah, maklum saya Newbie juga hehehhe.
Dalam 4 hari kemarin, web ini kebanjiran pengunjung dari Search Engine, bahkan sehari sampai 3.633 pengunjung, untung bandwidth web saya ini gede, kalau kecil pasti deh dah mokat alias matekk.
Rupanya Tips SEO yang saya buat di beberapa artikel web ini berhasil dengan baik, sekarang saya ingin berbagi tips dan trik kepada pengunjung blog ini Rahasia Sukses SEO. Saya tidak ingin membahas ulang Tips SEO yang telah saya buat sebelumnya tapi saya ingin menambah Tips Baru dan Menyimpulkan Tips-tips sebelumnya.
Secara Garis Besar Rahasia Sukses SEO ada 5, apa sajakah ? mari kita bahas satu persatu

  1. Content (isi Website)
  2. Rahasia Sukses SEO yang pertama adalah kualitas dari isi website kita, Kalau ingin web anda selalu dikunjungi oleh Pengunjung dan Masuk dalam halaman pertama pencarian google, anda harus mempunyai content yang bermutu. Mesin Pencari sekarang sudah dilengkapi dengan Program atau Bot yang handal dalam menganalisa sebuah web atau blog,  jika web anda memiliki content/ isi yang bagus maka web anda akan masuk dalam halaman pertama mesin pencarian. Kalau web anda sudah masuk dalam halaman pertama google tentu pengunjung tersebut akan membuka web anda terlebih dahulu, dan jika isi dari web anda bagus, maka tidak menutup kemungkinan pengunjung tersebut akan membaca artikel-artikel web anda yang lainnya.
  3. Keyword (judul artikel)
  4. Rahasia Sukses SEO yang kedua adalah pemilihan Judul dan Keyword dari Content artikel yang kita buat. Banyak sekali orang yang mengabaikan hal ini, padahal cara ini merupakan nilai penting untuk mendapat peringkat tinggi dalam hasil pencarian search engine. Anda harus lihai dalam membuat sebuah judul postingan. Carilah apa yang ramai dicari orang saat ini, atau topik apa yang sedang hangat dibicarakan di dunia bloger atau di dunia informasi sekarang, kalau anda tidak mepunyai Tool SEO yang handal jangan membuat judul yang sama dengan orang lain, lebih baik buat judul atau keyword yang baru.
  5. Engine Wordpress
  6. Rahasia Sukses SEO yang ketiga adalah Engine Wordpress, saya tidak akan membahas apa kelebihan Wordpress dibandingkan Blogspot atau engine lainnya, disini saya hanya coba mengkaji dari web para master SEO yang telah sukses. Anda tentu tahu dan pernah mendengar tentang Kontes SEO Dunia yang biasa kita dengan istilah Busby SEO Test. Kontes tersebut diikuti oleh para bloger diseluruh dunia dan situs yang masuk no 1 di halaman pertama pencarian Google akan keluar menjadi pemenangnya, jadi para bloger di tuntut untuk mengeluarkan segala Ramuan dan Jampi-jampi SEO nya agar web/ blog mereka masuk peringkat 1 di pencarian google. Saya coba melihat 10 web yang masuk di halaman pertama google tersebut, kebanyakan mereka semua menggunakan Engine Wordpress, mengapa Wordpress sangat handal dan SEO Friendly ?? saya juga tidak tahu jawaban pastinya, yang pasti kalau boleh saya menebak, dibandingkan dengan engine lainnya, wordpress banyak tersedia Plugin-plugin atau widget yang bisa mendongkrak SEO web yang kita miliki.
  7. Google
  8. Rahasia Sukses SEO yang keempat adalah memaksimalkan mesin pencarian Google, bukan berarti kita memandang sebelah tangan yahoo, MSN, atau altavista tapi untuk saat ini Google adalah penguasa dari segala search engine. Saran saya gunakan tool-tool dari google untuk mendongkrak SEO Web anda di mesin pencari google, saya sendiri menggunakan 3 tool google yaitu Google Webmaster Tool, Google Analytics, dan Google Alert. Semoga dengan menggunakan 3 tool tersebut web anda lebih SEO Friendly dimata paman google . Pengunjung web saya dari search engine 90 % dari Google dan 10% sisanya dari Yahoo dan MSN.
  9. Moment
  10. Rahasia Sukses SEO yang kelima adalah Memanfaatkan Moment-moment yang sedang booming atau hangat saat ini. Web saya beberapa hari kemarin kebanjiran trafic dari pengunjung Google dikarenakan saya memposting artikel tentang Foto Bugil Rahma dan Sarah Azhari. Beberapa waktu lalu blog saya juga pernah kebanjiran pengunjung google dari artikel tentang Roy Suryo, Foto Banjir Samarinda, Update Hasil Pilkada Samarinda, Hasil Sementara Pemilihan Presiden dan artikel-artikel lainnya. Nah sekarang lagi hangat dibahas masalah kasus penyerangan Israel ke Jalur Gaza, dan di akhir tahun ini tentu orang akan banyak mencari Kartu Ucapan Selamat Tahun Baru. Ayo.. sama-sama kita Latihan SEO untuk Pemula dengan memanfaatkan Tahun Baru 2009 dan Moment-moment yang sedang booming lainnya.
Dari 5 Rahasia Sukses SEO yang telah saya simpulkan diatas, tentu kita juga harus memperhatikan tips-tips kecil lainnya, cuma 5 tips diatas adalah hal dasar yang harus dipahami dan dipelajari terlebih dahulu, setelah mempelajari 5 rahasia diatas baru kita coba tips-tips lainnya.
Jangan lupa baca juga Tips SEO saya yang lainnya :
Selamat mencoba dan semoga sukses :) 
http://www.rozy.web.id/tips-blogging/tips-seo-untuk-pemula/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

sahabat-sahabatku

Spirit

Kebesaran dan kehebatan seorang manusia bukanlah karena dia tidak pernah gagal, tapi karena tidak pernah berhenti dan selalu bangkit setiap mengalami kegagalan

Semua orang yang sukses harus mengalami minimal 1-2 kegagalan terlebih dahulu 

Ingat, setiap kegagalan, bagaimanapun buruknya hal itu tergantung dari sudut mana anda melihatnya dan menyikapinya

novyar nafis on Facebook