Selasa, Oktober 26, 2010

Apakah itu Pemberian Tag Otomatis URL Tujuan?

Agar Analytics dapat menampilkan detail tentang kata kunci dan biaya AdWords, Anda harus melakukan salah satu tindakan berikut:

  • Gunakan Pemberian tag otomatis URL tujuan, atau
  • Beri tag kepada URL tujuan kata kunci dengan variabel pelacakan secara manual.
Pemberian tag otomatis akan menambahkan nomor unik ke bagian akhir URL tujuan.  Nomor unik ini memungkinkan Analytics melaporkan rincian klik: kata kunci AdWords yang mengarahkan pengunjung ke situs Anda, asal kampanye kata kunci itu, dan biaya klik. Anda dapat menghitung laba atas investasi (ROI) dengan mengaitkan data ini dengan sasaran atau konversi e-komersial.
Parameter yang digunakan dalam pemberian tag otomatis disebut "gclid" dan akan ditampilkan pada URL laman landas bila pengguna membuka situs dari iklan Anda. Misalnya, jika situs Anda adalah www.mysite.com, maka saat pengguna mengeklik iklan Anda, URL tersebut akan muncul pada baris alamat sebagai : www.mysite.com/?gclid=123xyz

Pemberian tag otomatis dipilih secara bawaan saat menautkan akun AdWords dan Analytics.  Anda dapat secara manual mengaktifkan atau menonaktifkan pemberian tag otomatis di AdWords.
Cara mengaktifkan/menonaktifkan pemberian tag otomatis:
  1. Masuk ke akun AdWords di https://adwords.google.co.id.
  2. Klik tab Akun saya, lalu pilih Preferensi akun.
  3. Pada bagian Analytics, klik Edit.
  4. Hapus centang pada kotak Pemberian Tag Otomatis URL Tujuan .
  5. Klik 'Simpan perubahan'.
Catatan: Pemberian tag otomatis mungkin hanya sesuai untuk situs web tertentu. Sebagian kecil URL tujuan tidak menerima parameter URL tambahan karena arahan ulang atau setelan server. Hal ini dapat menyebabkan "gclid" dihapus atau menghasilkan laman galat. "gclid" yang dihapus akan mengakibatkan pelacakan kampanye tidak akurat; hal ini dapat muncul sebagai lalu lintas 'organik', 'rujukan', atau 'langsung' dalam laporan Analytics.
Cara mengetahui apakah pemberian tag otomatis akan berfungsi untuk situs web Anda:
  1. Tambahkan ?gclid=test atau &gclid=test (jika URL tujuan telah menyertakan parameter lain) ke bagian akhir URL tujuan AdWords
  2. Tempelkan URL yang telah dimodifikasi ini ke bilah alamat peramban, lalu tekan Enter
  3. Pemberian tag otomatis tidak akan menghasilkan galat jika laman yang terbuka menampilkan gclid=test pada bilah alamat.
    • Jika laman yang terbuka tidak berisi gclid=test, harap beri tahu webmaster Anda dan lihat panduan pemecahan masalah (hanya dalam bahasa Inggris).
Jika Anda memilih untuk melacak klik secara manual, harap baca Bagaimanakah cara memberi tag ke tautan?
google support

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

sahabat-sahabatku

Spirit

Kebesaran dan kehebatan seorang manusia bukanlah karena dia tidak pernah gagal, tapi karena tidak pernah berhenti dan selalu bangkit setiap mengalami kegagalan

Semua orang yang sukses harus mengalami minimal 1-2 kegagalan terlebih dahulu 

Ingat, setiap kegagalan, bagaimanapun buruknya hal itu tergantung dari sudut mana anda melihatnya dan menyikapinya

novyar nafis on Facebook