Selasa, November 23, 2010

Cara Menilai Barang Antik Layaknya Seorang Appraisal (Part 1)

E-mail Print PDF
Menentukan nilai rupiah yang tepat dari suatu barang antik bukanlah hal yang mudah. Ada banyak faktor yang perlu dipertimbangkan dalam menentukannya. Dengan tetap belajar , rajin mengamati , banyak bergaul dan dengan menerapkan beberapa tips berikut , dengan berjalannya waktu , anda akan dapat menilai harga dari barang antik layaknya seorang appraisal.
1. Jaringan yang luas di komunitas kolektor barang antik.
tidak ada ilmu pasti dalam menentukan harga suatu barang antik . Harga seringkali ditentukan oleh tingkat peminat suatu barang di mata komunitas kolektor barang antik. Banyak2 lah bergaul dengan para kolektor barang antik senior, dari mereka saudara akan memperoleh banyak ilmu yang digunakan sebagai dasar penilain suatu barang antik.   

2. Jangan mengabaikan pentingnya peran merk yang tercetak di suatu barang antik.
 Seringkali keberadaan cap/merkdi suatu barang antik akan memberikan nilai tambah bagi barang tersebut. Periksa dengan teliti keberadaan cap / merk tersebut. Pastikan cap/ merk tersebut adalah asli dan bukan tempelan, kalo perlu gunakan kaca pembesar.
3.Perhatikan kondisi barang.
Barang yang masih bisa berfungsi sesuai dengan tujuan pembuatannya memiliki nilai yang lebih tinggi dibandingkan yang sudah rusak. Sebagai misal , jam dinding / jam berdiri , perhatikan dengan cermat kualitas lonceng dan ketepatan waktu dari jam tersebut . Perhatikan pula segala macam cacat yang ada , pertimbangkan hal tersebut sebagai salah satu dasar dalam menentukan nilai barang antik.
4. Apakah barang tersebut langka dan susah diperoleh.
berhubungan erat dari tips nomer satu , suatu barang apabila mudah / terdapat dalam jumlah banyak di komunitas kolektor biasanya mempunyai nilai yang lebih rendah . Perhatikan keunikan dari suatu barang , apabila keunikan tersebut susah diketemukan dalam suatu komunitas kolektor maka barang antik tersebut dipastikan bernilai lebih tinggi.
5. Usia yang lebih tua belum tentu memiliki niali yang lebih tinggi.
usia dari suatu barang antik , walaupun tua , tapi kalo tidak ada permintaan terhadap barang tersebut di mata kolektor barang antik maka akan menjatuhkan nilai suatu barang tersebut. Sebagaimana misal , kartu pos tahun 1940 an , uang logam tahun 1900 an dan berbagai kategori lainnya .
6. Apakah itu original atau repro?
perkembangan teknik produksi saat ini memungkinkan dibuat suatu repro barang antik yang benar2 mirip dengan kondisi original dari suatu barang antik. Berhati2 lah , untuk kategori mebel antik , anda bisa membaca artikel "cara mengevaluasi barang antik kategori mebel " saya.
sementara itu dulu , kapan 2akan saya update lagi bila ada yang tertarik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

sahabat-sahabatku

Spirit

Kebesaran dan kehebatan seorang manusia bukanlah karena dia tidak pernah gagal, tapi karena tidak pernah berhenti dan selalu bangkit setiap mengalami kegagalan

Semua orang yang sukses harus mengalami minimal 1-2 kegagalan terlebih dahulu 

Ingat, setiap kegagalan, bagaimanapun buruknya hal itu tergantung dari sudut mana anda melihatnya dan menyikapinya

novyar nafis on Facebook