Jumat, Februari 18, 2011

Presentasi | Rahasia Memberi Pesan Singkat



Setiap orang harus berpesan setiap harinya. Akan ada saatnya dimana anda harus menjual produk anda dalam waktu singkat (terutama sebagai salesman) yang menjual produk spesial kepada pembeli baru yang belum mengerti banyak hal tentang produk anda. Ingat, pelanggan anda tidak punya waktu seharian untuk mendengarkan produk anda.

Dulu, saya tidak pernah mengerti akan hal ini sehingga saya sering kesulitan menyampaikan pesan. Lebih parah lagi, saya tidak mengenal satu bukupun yang mengenal tekhnik berpesan yang baik. Setiap kali saya berdiri dan menjelaskan, rasanya seperti berbicara dengan tembok. Tidak ada yang tanggap maupun memberikan tanggapan. Sampai suatu hari, salah seorang teman saya yang berasal dari luar negri memberitahukan saya suatu rahasia lewat chat.

Dan hari ini, saya akan memberitahukannya kepada anda! Mau, mau, mau?

Bukan berapa benefit yang anda beritahukan kepada pembeli. Tapi, apa benefit yang anda beritahukan kepada pembeli dan dapat ia ingat. - Albertus A

Kemudian teman saya melanjutkan, ”Ada 3 Hal yang harus diingat tentang menyampaikan pesan.”:

  1. Pesan anda adalah kata sifat (kata-kata dengan makna khusus yang menggunakan tempat di otak pembeli anda), dan kata kerja (sesuatu yang anda lakukan untuk mempengaruhi posisi anda di otak pembeli)
  2. Hal yang terpenting sebagai kata sifat adalah, tempat untuk pesan yang anda dapatkan di otak pembeli anda yang masih awam sangat-sangat terbatas. Umumnya sekitar 2 atau 3 kalimat panjang.
  3. Hal yang terpenting sebagai kata benda adalah, jika anda berusaha untuk memasukkan lebih banyak pesan ke dalam otak pembeli anda yang masih awam, pesan anda akan meluap dari wadah yang sudah disediakan. Izin pesan anda untuk masuk ke otaknya akan dibatalkan. Mereka juga akan menolak seluruh pesan anda sebagai suara bising.

Sayapun langsung protes ”Tapi kan benefit server kita banyak! Saya sudah me-list up 20 keuntungan. Mana mungkin dijelaskan dalam waktu singkat?”

Ia menghentikkan ketikkannya untuk sesaat, dan kemudian melanjutkan dan mengatakkan bahwa saya seharusnya menggunakan tes elevator.

“Apaan tuh?” tanya saya.

The Elevator Test

Bayangkan anda sebagai seorang penjual produk baru yang hendak memasarkan produk anda kepada seorang kepala perusahaan multinasional. Anda menghubungi sekertarisnya dan membuat janji. Setelah bebeapa minggu berlalu, anda akhirnya mendapatkan kesempatan untuk bertemu dengan bos perusahaan tersebut.

Akan tetapi, ketika anda mau menjelaskan, bos itu menerima telpon dari kliennya dan akan segera pergi. Ia memberikan waktu yang sangat singkat kepada anda (sekitar 30-45 detik) sambil menemaninya turun dari lift. Sulit? Justru itu tantangannya. Ini adalah formula yang saya gunakan untuk mempromosikan server dan hasilnya sukses berat! Berikut kata-kata yang saya gunakan.

Untuk [target customer] yang [alasan utama untuk membeli]. Kami memiliki produk dengan [keuntungan utama]. Tidak seperti [pesaing dengan benda sejenis], produk kami [USP*]

*= Unique Selling Proposition yang artinya keuntungan mutlak yang tidak dimiliki produk lain.

Contoh:

Untuk professional di bidang multimedia yang ingin menyelesaikan pekerjaanya dengan cepat dan efisien. Kami memiliki produk yang dapat digunakan dengan mudah. Tidak seperti Microsucks, Pineapple memiliki setup otomatis. Anda tinggal mengeluarkannya dari kotak, meyalakannya, dan minum kopi sampai setupnya selesai.

Berani coba? Salam dahsyat!


Artikel Presentasi | Rahasia Memberi Pesan Singkat ini dipersembahkan oleh TDWClub.com.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

sahabat-sahabatku

Spirit

Kebesaran dan kehebatan seorang manusia bukanlah karena dia tidak pernah gagal, tapi karena tidak pernah berhenti dan selalu bangkit setiap mengalami kegagalan

Semua orang yang sukses harus mengalami minimal 1-2 kegagalan terlebih dahulu 

Ingat, setiap kegagalan, bagaimanapun buruknya hal itu tergantung dari sudut mana anda melihatnya dan menyikapinya

novyar nafis on Facebook