Minggu, September 18, 2011

Kolab si musuh Facebooker

JAKARTA – KAMIS, “Tolong dong, tiba-tiba Facebook chatting ku kok ngirim pesan sendiri ke semua teman-teman yang ada di daftar. Apa kena virus ya?”. Kalau kamu pernah meneriakkan hal yang sama ke teman yang dianggap paham soal komputer, maka hati-hati, bisa jadi FB-mu sudah “kerasukan” Kolab (W32.Kolab.xx) alias worm yang menyerang lubang keamanan Facebook.


Informasi yang diterima PCplus dari Vaksin.com, worm ini punya karakteristik seperti worm yang pernah menyerang Yahoo Messenger (YM) atau Skype. “Hebatnya, virus ini tidak memanfaatkan Apps Facebook sehingga administrator Facebook tidak bisa menghentikan virus ini dibandingkan dengan virus Facebook lain yang mengandalkan Apps. Sejak pertengahan Agustus hingga saat ini banyak pengguna komputer yang sudah terinfeksi oleh serangan worm/rootkit ini, dan varian tersebut terdeteksi oleh Norman Security Suite sebagai W32/Kolab.xx,” jelas Vaksin.com dalam rilisnya.

Ciri Virus

Umumnya, pengguna Facebook akan mendapatkan pesan chat yang berisi sebuah tautan (link) yang seakan-akan menuju pada gambar dari situs tertentu. Kalau tautan tersebut diklik maka file “gambar” yang sebenarnya badan virus akan diunduh ke PC dan dijalankan. Sampai sini PC sudah bisa dipastikan terinfeksi Kolab.


Masalahnya, Kolab tidak berjalan pada proses atau service milik Windows, sehingga sulit menemukan dan mematikannya. Ia mendompleng atau menumpang pada file SVCHOST.EXE milik Windows. Jika dipaksa untuk dihentikan, maka Windows akan mengalami gagal proses dan menampilkan Blue Screen of Death (BSOD). Meskipun tidak berjalan pada proses atau services milik Windows, worm ini mampu memanfaatkan file SVCHOST.EXE untuk melakukan broadcast ke alamat IP tertentu.

Trik Menghindari Kolab

Memang belum ditemukan cara menanggulangi worm ini, tapi ada beberapa trik singkat yang dibagi tim Vaksin.com untuk menghidari akun kamu dari serangan Kolab :

1.Hindari melakukan klik pada link yang dikirim ke kamu, baik melalui pesan chat FB atau status.

2.Beritahukan pada teman, bahwa komputer tersebut telah terinfeksi virus, dan segera lakukan update dan scan komputer dengan antivirus yang terupdate.

3.Jangan melakukan copy link atau melakukan pemberitahuan disertai link tersebut, karena dengan begitu kamu justru ikut menyebarkan link yang mengandung virus tersebut.

4.Jangan meninggalkan FB kamu dalam keadaan aktif/login, sebaiknya logout dahulu hingga kamu kembali.

5.Gunakan Secure HTTP / HTTPS pada saat Login FB, hal ini agar FB Anda tidak mudah diakses oleh orang lain disekitar Anda.
Hal mengejutkan lain juga disampaikan Vaksin.com terkait penyebaran worm Kolab. Lembaga keamanan ini mencatat ada puluhan varian yang dimiliki Kolab, dan sejak kemunculannya pada Agustus lalu sampai September 2011, belum banyak aplikasi anti virus yang dapat mendeteksi worm ini.

Sumber : http://www.tabloidpcplus.com/2011/09/berita-teknologi/kolab-si-musuh-facebooker/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

sahabat-sahabatku

Spirit

Kebesaran dan kehebatan seorang manusia bukanlah karena dia tidak pernah gagal, tapi karena tidak pernah berhenti dan selalu bangkit setiap mengalami kegagalan

Semua orang yang sukses harus mengalami minimal 1-2 kegagalan terlebih dahulu 

Ingat, setiap kegagalan, bagaimanapun buruknya hal itu tergantung dari sudut mana anda melihatnya dan menyikapinya

novyar nafis on Facebook