Kamis, Mei 19, 2011

Menuju Kehidupan yang Baru

Percaya atau tidak kita masing-masing bisa meningkatkan lebih banyak potensi untuk mencapai keberhasilan.
Empat puluh tahun lamanya saya mendengar berbagai keluhan dari orang-orang yang menghadapi masalah, sehingga saya rasa hampir mengenal semua masalah manusia yang ada di muka bumi ini.Tapi diantara sekian banyak masalah itu, ada satu masalah yang begitu penting, dan saya menganggapnya suatu penyakit yang paling mendasar dari manusia.Masalah itu adalah masalah manusia yang hidup jauh dibawah potensi yang sebenarnya ada pada dirinya, dan hal itu justru disadarinya.Masalah itu adalah masalah mengenai manusia yang tidak bahagia, tapi yang juga tampaknya tidak tahu harus berbuat apa.


Biasanya, bila dilihat dari sudut pandang konselor, masalah seseorang  itu tidaklah begitu kelihatan berarti, tapi si penderita sendiri yakin bahwa dirinya tak dapat menaggulangi masalah tersebut.Kendatipun kelihatan memiliki kecerdasan normal, pendidikan yang memadai dan berbagai atribut lain yang dibutuhkan bagi suatu kehidupan yang penuh keberhasilan, tapi itu tak dapat memanfaatkan semua itu.Hidupnya kabur, Out of Focus, tanpa daya dan tujuan.

Dan biasanya kita selalu bisa menjumpai tiga karekteristik yang melemahkan di dalam diri orang-orang seperti ini.Ketidakberdayaan, keraguan diri dan ketiadaan tujuan.

Pada suatu hari saya berpapasan dengan seorang pemuda yang sedang menyapu dedaunan.Saya mengenal orang itu, karenanya saya bertanya tentang keadaannya.Ia mengangkat bahu."Seperti yang anda lihat,"katanya,"Saya masih  begini-begini saja."Apa kiranya yang anda inginkan dengan hidup anda ?"
Ia menatap saya dengan pandangan yang muram."Saya pun tidak tahu,"katanya.
"Hal-hal apa yang bisa anda lakukan dengan begitu baik ?" tanya saya lagi.Ia kembali menggelengkan kepalanya."Saya pun ragu kalau saya mampu melakukan sesuatu dengan baik."
Kalau begitu, hal-hal apa saja yang paling memberikan anda kepuasan ?"
Ia mengernyitkan alisnya."Tak ada", itu jawabannya.
[ Bersambung.......! ]



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

sahabat-sahabatku

Spirit

Kebesaran dan kehebatan seorang manusia bukanlah karena dia tidak pernah gagal, tapi karena tidak pernah berhenti dan selalu bangkit setiap mengalami kegagalan

Semua orang yang sukses harus mengalami minimal 1-2 kegagalan terlebih dahulu 

Ingat, setiap kegagalan, bagaimanapun buruknya hal itu tergantung dari sudut mana anda melihatnya dan menyikapinya

novyar nafis on Facebook